Sponsors Link

Benjolan Dekat Lubang Dubur: Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

Sponsors Link

Reaksi apa yang akan Anda keluarkan ketika mendapati benjolan pada salah satu anggota tubuh Anda? Kaget? Panik? Biasa saja? Apapun reaksinya, yang jelas benjolan pada anggota tubuh mampu membuat Anda paranoid, terutama jika benjolan tersebut muncul di area tubuh yang tidak wajar, seperti di dekat lubang dubur misalnya.

ads

Benjolan di dekat lubang dubur bisa merupakan suatu pertanda masalah kesehatan tertentu. Di tambah lagi jika Anda merasakan gejala lainnya yang mengiri benjolan tersebut. Akan tetapi, jangan terlalu khawatir, sebab masih ada cara yang dapat dilakukan untuk mengobatinya. Artikel ini akan memberitahu Anda gejala, penyebab, serta pengobatan benjolan dekat lubang dubur.

Gejala Benjolan Dekat Lubang Dubur

Tiap orang yang mengalami benjolan dekat lubang dubur bisa merasakan gejala yang berbeda. Pasalnya, gejala benjolan dekat lubang dubur itu tergantung dari penyebabnya. Penyebab benjolan dekat lubang dubur ini sangat bermacam macam. Meskipun demikian, terlepas dari penyebabnya, di bawah ini adalah gejala umum benjolan di dekat lubang dubur:

  1. Terdapat benjolan di sekitar area lubang dubur atau anus
  2. Benjolan tersebut bisa keras atau lembek
  3. Ukuran benjolan bisa bervariasi
  4. Terkadang menyebabkan sakit saat buang air besar
  5. Setelah buang air besar, terkadang muncul sensasi panas di area lubang dubur
  6. Terkadang juga bisa menyebabkan keluarnya darah saat buang air besar

Yang pasti, apabila Anda menyadari bahwa terdapat benjolan di daerah anus atau benjolan di dekat lubang dubur, segeralah melakukan tindakan. Menghubungi dokter sangat dianjurkan agar segera dilakukan pemeriksaan yang mendalam. Dokter kemudian akan mendiagnosis dan memberi tahu penanganan apa yang paling tepat yang dapat Anda lakuaan untuk membantu menghilangkan benjolannya.

Penyebab Benjolan Dekat Lubang Dubur

Ada beberapa macam kemungkinan yang dapat menyebabkan benjolan dekat lubang dubur. Sebagian besar kemungkinan penyebab tersebut adalah penyakit yang berhubungan dengan gangguan pencernaan dan masalah kulit.

Di bawah ini adalah beberapa penyebab benjolan dekat lubang dubur:

1. Wasir

Wasir atau hemoroid terjadi ketika adanya pembengkakan pembuluh darah di anus. Ada terdapat dua jenia wasir, yakni wasir internal dan wasir eksternal. Wasir internal adalah pembuluh darah yang membengkak di dalam anus yang tidak dapat terlihat oleh mata, namun dapat dirasakan melalui gejala yang dimunculkan. Sedangkan wasir eksternal adalah pembuluh darah yang membengkak di dekat lubang anus, pembuluh darah yang membengkak ini terkadang bisa keluar dan masuk lubang anus.

Benjolan dekat dubur yang Anda rasakan bisa jadi merupakan wasir eksternal. Wasir eksternal biasanya terasa lebih sakit dibandingkan dengan wasir internal. Adapun beberapa gejala wasir eksternal, antara lain:

  • Buang air besar yang disertai darah dan lendir atau penyebab BAB berdarah
  • Darah yang keluar berwarna merah terang
  • Benjolan keluar dari dalam anus setelah buang air besar
  • Pada wasir eksternal yang belum parah, benjolan yang keluar tersebut dapat otomatis masuk kembali dengan sendirinya ke dalam lubang dubur
  • Pada wasir eksternal yang sudah parah, benjolan yang keluar tidak masuk secara otomatis, benjolan harus didorong menggunakan jari agar masuk kembali
  • Terkadang benjolan tidak dapat masuk kembali meskipun telah didorong jika tingkat keparahan wasir sudah sangat parah
  • Terjadi pembengkakkan di sekitar area anus
  • Rasa nyeri dan kemerahan di sekitar daerah anus
  • Area di sekitar anus terasa gatal dan panas setelah buang air besar

2. Furunkel atau Bisul

Furunkel, atau yang lebih dikenal dengan sebutan bisul adalah kemungkinan penyebab benjolan dekat lubang dubur. Benjolan bisul biasanya berwarna merah dan berisi nanas yang akan terasa sakit ketika disentuh. Benjolan ini terjadi akibat dari infeksi bakteri yang menyerang folikel rambut, yakni lubang tempat tumbuhnya rambut. Saat terinfeksi, folikel akan meradang yang akan menimbulkan benjolan.

Benjolan dekat lubang dubur bisa saja merupakan bisul. Berikut ini adalah gejala umum bisul atau furunkel:

  • Muncul benjolan merah kecil di dekat lubang dubur
  • Benjolan akan bertambah besar dan berisi nanah
  • Ada titik putih pada puncak benjolan
  • Kulit di sekitar benjolan memerah, bengkak, dan hangat saat disentuh

Bisul biasanya dapat sembuh tanpa bantuan dokter. Namun, mintalah pertolongan dokter apabila terdapat kondisi di bawah ini:

  • Demam tinggi
  • Benjolan terus membesar hingga mencapai ukuran diameter lebih dari 5 cm
  • Benjolan menimbulkan rasa sakit yang sangat dahsyat
  • Ada lebih dari satu benjolan yang tumbuh di lokasi yang sama
  • Benjolan tidak kunjung membaik setelah lebih dari 2 minggu

3. Lipoma

Benjolan dekat lubang dubur bisa jadi merupakan lipoma. Lipoma adalah benjolan yang terjadi ketika lemak yang mengalami pertumbuhan yang sangat lambat di antara lapisan otot dan kulit. Kebanyakan yang memiliki lipoma adalah lansia yang berusia di atas 60 tahun.

Benjolan lipoma ini biasanya tidak akan menimbulkan rasa sakit meskipun ketika disentuh atau ditekan. Benjolan lipoma juga akan terasa lunak dan dapat geser atau bergerak ketika ditekan. Di bawah ini adalah ciri-ciri benjolan lipoma:

  • Mudah bergeser dan terasa lembek ketika disentuh dan ditekan
  • Benjolan biasanya muncul lebih dari satu di daerah tubuh yang sama atau di daerah tubuh lainnya
  • Lipoma memang tidak akan sakit saat ditekan, namun benjolan lipoma yang telah menjalar ke saraf di sekitarnya serta mngandung pembuluh darah akan menimbulkan rasa sakit ketika disentuh
  • Ukuran diameter benjolan lipoma pada umumnya adalah sekitar 1 sampai 3 cm, tetapi masih bisa tumbuh sampai berdiameter 5 cm
  • Benjolan lipoma bisa bertahan selama bertahun-tahun dan tidak akan bertambah ukurannya

Benjolan lipoma tidak akan menimbulkan komplikasi yang serius, sehingga tidak memerlukan perawatan yang khusus. Namun, lipoma yang menggangu dan terasa sakit harus segera diangkat.

4. Tumor

Tumor bisa jadi penyebab benjolan dekat lubang dubur. Benjolan tumor bisa terjadi ketika adanya penumpukan dari sel yang tumbuh tidak normal. Sel yang tidak tumbuj normal ini diakibatkan adanya mutasi atau perubahan gen. Tumor bisa tumbuh pada bagian tubuh manapun, termasuk di dekat lubang dubur.

Masih banyak yang mengira bahwa tumor adalah kanker. Namun, dugaan tersebut tidak sepenuhnya benar, sebab tidak semua tumor adalah kanker. Faktanya, ada terdapat dua jenis tumor, yaitu tumor jinak dan ganas. Tumor jinak biasanya masih bisa dihilangkan total melalui prosedur operasi pengangkatan tumor. Tumor jinak yang dibiarkan saja memiliki potensi akan berkembang menjadi tumor ganas. Tumor ganas inilah yang dikenal dengan kanker, misal tumor usus besar yang berubah menjadi kanker usus besar stadium 3. Tidak sama seperti tumor jinak, tumor ganas (kanker) tidak dapat dengan mudah dihilangkan melalui operasi pengangkatan tumor saja.

Adapun beberapa gejala benjolan dekat lubang dubur yang disebabkan oleh tumor:

  • Benjolan terasa keras ketika disentuh
  • Badan terasa lelah dan tak nyaman
  • Demam dan mengigil
  • Nafsu makan menurun
  • Berat badan menurun
  • Sering berkeringat di malam hari

5. Anal Skin Tag

Benjolan dekat lubang dubur bisa saja anal skin tag. Anal skin tag merupakan kulit yang berlebih yang muncul di sekitar anus atau lubang dubur yang sering dianggap sebagai wasir. Benjolan anal skin tag biasanya berukuran kecil seperti kutil. Benjolan ini tidak berbahaya dan tidak akan menimbulkan rasa sakit ketika disentuh.

Meskipun demikian, anal skin tag dapat menimbulkan masalah kebersihan pasca buang air besar. Pasalnya, benjolan ini dapat membuat lembab dan melekatkan sisa kotoran yang dapat mengakibatkan munculnya bakteri. Akibatnya iritasi dan infeksi pun dapat terjadi. Sehingga lebih baik benjolan ini segera diobati.

Pengobatan Benjolan Dekat Lubang Dubur

Pengobatan benjolan dekat lubang dubur tentunya tergantung dari penyebabnya. Oleh sebab itu, lebih baik Anda cari tahu terlebih dahulu apa penyebab benjolan dekat lubang dubur, kemudian baru bisa melakukan penanganan dan pengobatan yang tepat. Meminta pertolongan ahli medis sangat dianjurkan, sehingga dokter bisa langsung memeriksa secara dalam dan mendiagnosis penyebab benjolan dekat lubang dubur. Setelah itu, dokter juga akan melakukan dan memberitahu Anda penanganan dan pengobatan apa yang paling tepat dan sesuai untuk menyembuhkan benjolan dekat lubang dubur yang Anda alami.

Sementara itu, cara di bawah ini dapat Anda lakukan sebagai cara pencegahan sekaligus cara pengobatan benjolan dekat lubang dubur:

  1. Jangan memencet atau memecahkan benjolan
  2. Jangan menggaruk area yang gatal
  3. Jika gatal yang tak tertahankan, kompres area gatal menggunakan air panas
  4. Rajinlah membersihkan benjolan dan area di sekitarnya untuk mencegah timbulnya bakteri yang dapat menginfeksi
  5. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat
  6. Mengonsumi makanan yang mengandung vitamin dan mineral tinggi, seperti sayuran dan buah-buahan
  7. Cobalah cara menghilangkan wasir dengan es batu jika benjolan disebabkan oleh wasir
  8. Biasakan minum air putih setiap hari minimal 6 sampai 8 gelas per harinya
  9. Hindari makanan yang berpotensi menimbulkan benjolan abnormal, misal makanan olahan siap saji, makanan cepat saji, makanan yang mengandung pengawet perasa dan pewarna buatan
  10. Berhenti merokok
  11. Berhenti atau kurangi konsumsi minumah yang mengandung alkohol
  12. Olahraga yang teratur
  13. Perhatikan pola makan
  14. Istirahat yang cukup
  15. Kelola stress

Itu tadi informasi singkat mengenai gejala, penyebab, dan pengobatan benjolan dekat lubang dubur. Perlu diingatkan sekali lagi untuk segera menghubungi ahli medis jika terdapat benjolan dekat lubang anus agar segera dilakukan pemeriksaan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi.

Sponsors Link
, , , ,