Sponsors Link

Benarkah Maag Kronis Menyebabkan Kematian? Bagaimana Cara Mencegahnya?

Sponsors Link

Kondisi Maag yang sering di derita dan juga dialami oleh banyak orang, merupakan kondisi yang terjadi alias ditimbulkan karena adanya penyakit-penyakit yang menyerang organ pencernaan, terutama pada lambung dan juga usus, yang umumnya menimbulkan rasa sakit di area perut tersebut. Maag ini sendiri mengalami beragam jenis dan tingkatan, tergantung dari penyakit yang diderita sudah separah apa dan juga sudah seburuk apa kondisi organ yang diserang, sehingga akibat yang ditimbulkannya pun bisa bermacam-macam mulai dari nyeri ringan yang kadang-kadang terjadi, rasa sakit luar biasa, hingga pada Maag tingkatan terburuk alias Maag kronis menyebabkan kematian juga dapat terjadi.

ads

Jenis dan tingkatan maag yang diderita juga dilihat dari seberapa lama gejala dirasakan dan seberapa sering gejala tersebut muncul, terutama apabila gejala maag terjadi lebih dari tiga bulan dan dibiarkan tanpa pengobatan sehingga akan berakibat fatal. Kondisi maag sendiri biasanya diakibatkan oleh kadar asam lambung yang tidak normal dan mencapai ke bagian-bagian yang tidak seharusnya dijangkau oleh cairan yang berfungsi untuk menghancurkan makanan tersebut. Saat maag terjadi, penderita umumnya akan merasakan rasa sakit pada area sekitar pencernaan, yaitu pada area ulu hati dan juga perut bagian atas yang biasanya terjadi setiap asam lambung mencapai area infeksi pada suatu organ.

Maag yang sudah akut dan bahkan sudah mencapai tingkat yang lebih parah lagi yaitu maag kronis, akan mengakibatkan lapisan lambung terkikis secara signifikan sehingga akan menyebabkan pendarahan pada area tersebut yang bisa sangat berbahaya apabila tidak diobati, dan bahkan pada beberapa kasus, maag kronis menyebabkan kematian pun kerap terjadi. Ada bermacam-macam hal yang dapat menyebabkan infeksi pada lambung serta organ pencernaan yang kemudian berujung kepada terjadinya maag tersebut, mulai dari luka ringan pada lambung atau usus, hingga kepada penyempitan saluran pencernaan yang mengakibatkan cairan lambung akan mudah naik semakin tinggi di atas batas normal, atau bisa juga disebabkan karena adanya polip, tumor, atau bahkan akibat kanker pada area tersebut.

Benarkah Maag Kronis Menyebabkan Kematian?

Beberapa kesalahan fatal saat pengobatan Maag juga dapat memperburuk atau membuat pengobatan atas penyakit tersebut menjadi tidak berguna, seperti misalnya meminum obat maag dengan air, makan dan minum dalam jangka waktu yang tidak lama sebelum dan setelah meminum obat, menunda waktu minum obat untuk maag, serta tidak berhenti mengkonsumsi makanan yang pedas ataupun asam setelah mengetahui dirinya menderita maag.

Kemudian ada juga beberapa kesalahpahaman yang biasa terjadi pada para penderita maag, seperti dengan memperbanyak makan buah dan sayur ketimbang daging dimana hal tersebut justru akan lebih membuat lambung bekerja lebih cepat karena kedua jenis makanan tersebut mudah dicerna dan dihancurkan. Melihat beberapa kekeliruan dan kesalahpahaman tersebut tentunya harus menjadikan anda lebih waspada lagi terhadap kondisi maag, dan sebaiknya konsultasikan dengan dokter karena maag itu sebenarnya merupakan tanda yang diberikan oleh tubuh bahwa tubuh anda mengalami penyakit pada organ pencernaan, dan bukanlah penyakit terpisah.

Saat konsultasi dengan dokter pilihan, sebaiknya utarakan dengan jelas frekuensi maag yang anda alami, termasuk kebiasaan-kebiasaan yang sering anda lakukan dengan jujur, seperti misalnya merokok, meminum kopi terlalu banyak, menunda waktu makan, sering begadang dan makan di malam hari, serta beberapa kebiasaan lainnya yang sebaiknya dikurangi saat maag semakin sering muncul. Bahkan, sering makan dalam jumlah banyak juga akan memicu maag karena asam lambung yang dihasilkan untuk memproses makanan yang masuk tersebut akan menjadi terlalu banyak, sehingga justru akan menimbulkan iritasi pada lambung dan memicu terjadinya penyakit pencernaan lainnya.

Maag juga biasanya disertai dengan gejala dan kondisi lainnya seperti saat maag sering meludah, kemudian juga saat maag sering muntah, lalu terkadang timbul sakit maag setelah makan, kemudian terjadi pula maag sering kembung, dan juga saat sakit maag sering diare yang memerlukan perhatian khusus. Karenanya, anda sangat perlu mengetahui beberapa jenis penyakit yang dapat menyebabkan maag, yang antara lain adalah sebagai berikut:

Sponsors Link

  1. Gastritis, yang merupakan peradangan pada lambung dan bisa menimbulkan penyakit asam lambung dan menyebabkan maag,
  2. Obesitas, yang dikarenakan berat badan berlebih akan mempersempit saluran pencernaan sehingga kondisi maag akan lebih mungkin terjadi,
  3. Gangguan Asam Lambung, yang sering dinamakan GERD, yaitu kondisi di mana asam lambung akan melonjak naik ke area kerongkongan dan merusak organ-organ yang dilintasi oleh asam tersebut,
  4. Iritasi pada Usus, yang disebut juga sebagai IBS (Irritable Bowel Syndrome) sehingga menyebabkan perut sering terasa sakit dan ditusuk-tusuk

Dari beberapa jenis penyakit yang dapat menimbulkan kondisi maag tersebut, hampir kesemuanya dalam tingkat terparah akan menyebabkan penderitanya mengalami jenis maag yang bisa dibilang maag kronis yang dapat menyebabkan kematian.

Beberapa hal berikut ini adalah alasan-alasan kenapa Maag kronis menyebabkan kematian yang sangat perlu anda ketahui, terutama bagi para penderita maag:

ads

1. Kerusakan organ pencernaan

Apabila dibiarkan dalam waktu lama tanpa diobati, maag yang “naik tingkat” menjadi maag kronis akan sangat mungkin menyebabkan kerusakan pada organ-organ pencernaan yang bahkan bisa menyebabkan disfungsi alias tidak berfungsinya organ-organ tersebut.

Dengan rusaknya organ pencernaan, maka tubuh tidak lagi dapat menyerap nutrisi yang masuk secara efektif dan tepat, sehingga banyak zat yang dibutuhkan oleh tubuh justru akan terbuang sehingga dalam kondisi terburuk akan menimbulkan maag kronis menyebabkan kematian.

2. Kekurangan cairan tubuh

Saat maag terjadi dan proses pencernaan terganggu, akan sangat sering terjadi diare dan proses pembuangan kotoran yang tidak teratur oleh tubuh dan bahkan berlebihan. Apabila kondisi ini terjadi dan dibiarkan tanpa diobati sehingga maag menjadi kronis, maka tubuh akan dapat mengalami dehidrasi yang bisa mematikan.

Apabila tubuh kekurangan cairan, maka proses penyaluran zat-zat di dalam tubuh antar organ-organ vital akan menjadi berkurang sehingga banyak dari organ tersebut yang tidak mendapatkan asupan yang dibutuhkan dan pada akhirnya akan menyebabkan kerusakan serta disfungsi.

3. Pendarahan yang berlebih

Pada tingkat berbahaya, penyakit pencernaan yang akut atau kronis dan menyebabkan maag kronis juga dapat menyebabkan pendarahan yang biasanya ditandai dengan muntah darah serta BAB yang mengandung darah. Apabila sudah sampai tahap itu dan tidak juga diobati, maka kondisi maag kronis menyebabkan kematian pun dapat terjadi karena tubuh yang kehilangan darah dalam jumlah besar, sehingga organ-organ menjadi tidak berfungsi.

4. Penyakit yang berkembang menjadi tumor

Luka atau infeksi yang ada pada organ pencernaan yang dapat menyebabkan maag kronis bisa sangat mungkin berkembang menjadi tumor yang berbahaya, karena apabila tumbuh semakin besar akan dapat menghambat proses pengolahan makanan pada organ-organ tersebut. Dan akibatnya, tubuh akan kekurangan nutrisi dan banyak makanan yang sulit untuk diolah dikarenakan area kerja mereka yang menyempit akibat tumor, sehingga akan berbahaya bagi tubuh penderita dan bisa menyebabkan kematian.

5. Mutasi sel menjadi kanker

Saat tumor tumbuh dan berubah menjadi ganas yang biasanya akan bermutasi menjadi kanker, maka sudah dipastikan risiko kematian pun meningkat dikarenakan sel yang melakukan proses mutasi dan sudah menjadi kanker akan menyerang organ-organ lainnya dan sangat sulit dideteksi oleh sistem imun tubuh sendiri karena sering dianggap sebagai bagian dari tubuh dan bukan invasi dari luar seperti pada kasus bakteri atau virus.

Sponsors Link

Terapi pengobatan kanker seperti kemoterapi pun terkadang juga akan semakin memperburuk kondisi organ karena terkena paparan radiasi dalam waktu lama yang bahkan akan dapat merusak fungsi dari organ-organ tersebut. Melihat kelima akibat yang dapat ditimbulkan oleh maag kronis tersebut, maka ada baiknya anda juga melakukan pencegahan-pencegahan guna menghindari kondisi maag kronis menyebabkan kematian, serta mencegah penyakit-penyakit yang lebih berbahaya muncul, seperti tumor ataupun kanker yang sudah dijelaskan di atas. Beberapa tindakan pencegahan yang dapat dilakukan supaya maag kronis menyebabkan kematian tidak terjadi antara lain adalah:

  • Makan dengan teratur dan dalam porsi yang sewajarnya,
  • Makan daging dan kurangi konsumsi sayur atau buah, atau minimal konsumsilah secara normal dan jangan berlebihan,
  • Kurangi rokok dan juga konsumsi alkohol yang dapat memancing timbulnya gangguan asam lambung,
  • Kurangi meminum kopi yang mengandung asam dan kafein tinggi,
  • Menjaga berat badan dalam kondisi ideal supaya terhindar dari obesitas,
  • Selalu berpikir positif dan mengurangi stress agar organ tubuh tidak terus menerus dalam keadaan tegang dan siaga

Tentunya anda juga wajib melakukan konsultasi ke dokter spesialis pencernaan guna memastikan kondisi anda yang sebenarnya, serta anda juga bisa membaca artikel kami terkait maag seperti apa saja perbedaan gastritis dan maag, kemudian apa saja perbedaan asam lambung dan maag, dan juga beberapa artikel terkait seperti kenapa penderita maag sering lapar, lalu hubungan sakit maag dengan sesak nafas yang perlu anda ketahui, 3 perbedaan maag dengan GERD, dan juga penyebab sudah sarapan maag tetap kambuh yang wajib anda pahami alasannya.

Semoga dengan membaca artikel kami mengenai benarkah maag kronis menyebabkan kematian ini dapat membantu anda dalam meminimalisir risiko yang mungkin ditimbulkan dari maag, terutama yang sudah mencapai tahap kronis sehingga hidup anda menjadi lebih sehat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Maag