Sponsors Link

Bekas Operasi Usus Buntu Sering Sakit: Bahaya, Penyebab Dan Perawatannya

Sponsors Link

Bekas operasi usus buntu masih terasa sakit , kenapa ?

ads

Pasti kita semua sudah kenal dengan kasus seperti operasi usus buntu. Usus buntu adalah organ kecil yang menempel di dalam usus buntuk berkeja untuk membantu pencernaan dalam tubuh kita. Nah memang seharusnya sebelum anda menjalani operasi seseorang harusnya harus mengerti jenis operasi usus buntu apa yang akan dia lakukan. Bahkan hal itu wajib di ketahi. Baca dan ketahui juga tentang tipes disertai batuk.

Pengetahuan akan jenis operasi yang akan di lakukan dapat membuat anda juga pula tahu dari efek samping dan juga risiko dari operasi tersebut. Efek samping dari operasi usus buntu umumnya biasnya hanya tergolong ringan , akan tetapi juga adan yang masih sakit atau masih mengalami rasa sakit pada bekas operasi usus buntu, kenapa bisa seperti itu ? apakah bahaya ? bagaimana kedepanya ? nah disini kami akan mengulasnya untuk anda. Baca juga ciri ciri usus luka.

Bahaya Operasi usus buntu

Metode pegangkatan usus buntu sebenarnya tidak mempengaruhi terlalu banyak pada masalah kesehatan , akan teapi jika di biarkan maka usus buntu ini dapat memancing komplikasi penyakit yang sangat lah serius. Pengangkatan usus buntu biasanya di lakukan dengan 2 cara tersebut :

  • Sayatan atau bedah terbuka yang terlatak pada kanan bawah perut.
  • Laparoskopi atau operasi lubang kunci yaitu menggunakan operasi beberapa sayatan kecil dengan menggunakan kamera kecil untuk memvisualisasikan daerah operasi. Baca juga Cara mencegah kanker usus.

Ketika menggunakan teknik laparoskopi biasnya si pasien akan memerlukan waktu penyembuhan yang lebih pendek jika di bandingan dengan teknik bedah sayatan terbuka. Nah operasi dengan menggunakan teknik bedah sayatan terbuka biasnya dapatmelakukan aktigitas dalam 2-3 minggu setalh menjalani operasi. Pada umumnya , luka operasi usus buntu juga akan sembuh dalam kurun waktu 2 hingga 3 munggu dan dalam waktu itu si pasien tidak di anjurkan atau di perbolehkan menjalankan aktivitas yang berat – berat. Untuk mmasalah luka pada pasca operasi usus buntu pada umum nya membutuhkan waktu 4-6 minggu untuk kering dan sembuh akan tetapi juga tetap tergantung dari jenis operasi apa yang anda gunakan.  Baca juga efek setelah operasi usus besar.

Beberapa penyebab kenapa bekas operasi usus buntu masih sakit :

  1. Usus belum stabil untuk melakukan fungsi nya

Setelah anda pasca operasi usus buntu, biasnya si pasien akan merasak sakit pada perut, bekas operasi dan juga mengalami susah buang air besar yang kurang normal. Nah biasanya hal ini di sebabkan karena akibat dari berkurangya kontraksi pada usus sehingga akan menyebabkan gas mengalami penumpukan pada perut dan membuat perut menjadi kembung. Akiba dari operasi usus buntu biasnya juga akan memunculkan jaringan parurt.

2. Munculnya infeksi dalam perut

Sponsors Link

Rasa sakit setelah pasca operasi usus buntu juga merupakan komplikasi biasa, dan biasnya hal ini terjadi akibat dari bekas lupa sayatan yang masih basah dan juga mengeluarkan nanah. Infeksi pada perut ini juga dapat terjadi karna di akibatkan operasi dengan menggunakan teknik sayatan. Baca juga penyebab kanker usus buntu.

3. Efek samping operasi atau dari obat bius

Rasa sakit dan juga nyeri yang di hasilkan juga dapat di sebabkan di karenakan efek samping dari operasi atau obat bius yang anda gunakan pada saat menjalani operasi. Hal ini dpat di hasilkan juga dari kondisi dinding otot yang terserang dampaknya sehingga akan membuat hemia atau tubuh anda bereakisi di karenakan tidak menerima obat bius yang anda gunakan pada saat masa operasi berlangsung. Komplikasi- komplikasi tersebut memang masih tergolong wajar akan tetapi anda tetap harus menangananinya dengan benar  dan juga berhati – hati. Ketahui juga tentang bab lembek terus menerus.

Menangani rasa sakit pada bekas operasi usus buntu:

Sponsors Link

  • Anda dapat memberikan obat anti biotik dengan sesuai resep yang di sarankan oleh dokter, jangan asal menggunakan obat yang belum di sarnkan oleh dokter karna belum tentu cocok untuk anda konsumsi.
  • Selain itu anda juga dapat meminta obat penghilang rasa nyeri kepada dokter, dan perlu di ngat jangan sekali – kali anda menambahkan dosis obat penghilang rasa nyeri tersebut.
  • Dokter juga biasnya akan memberikan kembali tentang cara perawatan gejala atau efek samping dari operasi usus buntu yang sdang di alami agar tidak bertambah parah
  • Isitirahat yang cukup , jangan gunakan badan anda untuk beraktiivitas secara berlebihan .
  • Ketika anda sudah merasa jenuh dalam menajalani waktu istirahat yang cukup lama, anda dapat menggeran tubuh anda secara perlahan dan membuat tubuh anda bergerak secara perlahan- lahan.
  • Ketika dalam masa pemulihan sangat tidak d sarankan anda untuk mengangkat benda – benda berat seperti kursi atau benda berat launya, yang akan membuat lukan anda malah terbuka atau basah kembali.

Nah ketika di rasa rasa sakit tidak kunjung hilang dalam kurun waktu yang cukup lama atau melebihi batas , maka anda ada baiknya segera mengunjungi dokter atau tempat di mana anda kemarin melakukan operasi, agar dokter dapat menangani gejala yang sedang anda lami.  Kenali penyebab intoleransi laktosa, cara mengatasi intoleransi laktosa dan gejala intoleransi laktosa.

Sponsors Link
, , ,