Sponsors Link

8 Bahaya Usus Bocor yang Fatal dan Jarang Disadari

Sponsors Link

Usus adalah organ penting di dalam tubuh yang memiliki fungsi sebagai organ pencernaan. Karena usus termasuk ke dalam organ pencernaan yang berhubungan langsung dengan makanan, usus bisa dengan mudah terserang berbagai jenis macam penyakit akibat salah makan. Penyakit-penyakit tersebut sangat beragam, di mulai dari yang paling ringan sampai yang paling parah. Kebocoran usus adalah salah satu contoh gangguan di usus yang parah.

ads

Usus bocor terjadi ketika bakteri dapat menembus dinding usus. Ketika bakteri berhasil menembus dinding usus, makanan yang belum dicerna dengan sempurna akan masuk ke dalam aliran darah. Akibatnya kebocoran pun dapat terjadi. Usus bocor pada umumnya disebbakan oleh pola makan yang buruk dengan jenis makanan yang dimakan adalah makanan tidak sehat.

Orang yang sedang mengalami usus bocor biasanya akan merasakan gejala yang ditimbulkan usus bocor. Di bawah ini adalah beberapa gejala umum usus bocor:

Setiap orang yang menderita usus bocor biasa saja mengalami gejala yang lain yang berbeda dengan gejala umum usus bocor tersebut. Hal itu dikarenakan gejala yang muncul juga bia terpengaruh oleh kondisi kesehatan si penderita usus bocor. Sebagain gejala usus bocor di atas juga sangat mirip dengan gejala gangguan pencernaan lainnya, sehingga diagnosis usus bocor hanya bisa dilakukan oleh dokter ahli. Oleh karena itu, segera hubungi dokter agar diperiksa lebih lanjut agar dokter dapat mendiagnosis apakah pasien terkena usus bocor atau tidak.

Usus bocor sendiri sebenarnya bisa menjadi suatu gejala atau penyebab dari gangguan pencernaan lainnya. Adapun beberapa penyakit yang bisa menjadi penyebab usus bocor, antara lain:

  • Kanker usus, seperti kanker usus besar stadium 3
  • Kolitis ulseratif (radang usus besar)
  • Demam tifoid atau tipes
  • Peritonitis (peradangan lapisan peritoneum usus)
  • Obstruksi usus (penyumbatan usus)
  • Hisprung (penyumbatan usus besar pada bayi)
  • Usus buntu

Bahaya Usus Bocor

Usus bocor harus segera ditangani, sebab jika dibiarkan saja sangat berpotensi menimbulkan komplikasi yang sangat serius yang bahkan dapat mengancam nyawa si penderitanya. Usus bocor yang tidak diobati biasanya akan menimbulkan penyakit autoimun, yakni penyakit yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang bertindak abnormal menyerang sel-sel sehat di dalam tubuh. Di bawah ini adalah beberapa jenis penyakit autoimun yang termasuk ke dalam bahaya usus bocor yang tidak segera ditangani:

1. Diabetes Tipe 1

Bahaya usus bocor yang pertama adalah diabetes tipe 1. Diabetes tipe ini terjadi ketika pankreas (kelenjar ludah perut) tidak memproduksi insulin yang cukup atau ketika tubuh tidak dapat menggunakan insulin seperti seharusnya.

2. Lupus

Lupus adalah penyakit peradangan pada bagian tubuh seperti kulit, ginjal, paru-paru, otak, jantung, sendi, sumsum tulang belakang, dan sel darah. Lupus ini biasa diawali dengan kebocoran usus, sehingga lupus termasuk ke dalam bahaya usus bocor yang dibiarkan saja. Lupus yang biasanya diakibatkan oleh usus bocor adalah lupus tipe systemic lupus erythematosus.

Sponsors Link

3. Penyakit Inflamasi usus

Selain dapat mengakibatkan usus bocor, penyakit inflamasi usus (irritable bowel syndrome) juga dapat menjadi bahaya usus bocor. Penyakit ini terjadi saat usus mengalami peradangan. Ada jenis dua penyakit inflamasi usus yang terkenal, yakni penyakit Crohn dan kolitis ulseratif. Kedua penyakit tersebut termasuk ke dalam penyakit radang usus kronis yang harus segera ditangani.

4. Sklerosis Ganda

Sklerosis ganda atau sklerosis multipel adalah penyakit yang menggerogoti lapisan pelindung saraf (mielin) pada saraf tulang belakang dan otak. Saraf yang rusak ini kemudian akan membentuk sklerosis (jaringan parut). Penyakit ini termasuk ke dalam penyakit autoimun yang bisa terjadi akibat bahaya usus bocor.

5. Artitis Reumatoid

Artitis reumatoid merupakan inflamasi (radang) kronis yang terjadi pada sendi. Penyakit ini dapat menyerang sendi mana saja di tubuh, seperti sendi tangan, kaki, mata, paru-paru, kulit, dan pembuluh darah. Jika dibiarkan saja penyakit ini bisa merusak jaringan persendian. Karena penyakit ini termasuk ke dalam penyakit autoimun, ada kemungkinan dapat disebabkan oleh usus bocor.

Sponsors Link

6. Celiac

Penyakit ini dipicu oleh mengonsumsi gluten yang bisa merusak lapisan usus halus. Celiac juga dapat menghambat penyerapan nutrisi (sindrom malabsorsi). Celiac termasuk ke dalam bahaya usus bocor karena penyakit ini merupakan penyakit autoimun.

7. Hipotiroidisme

Bahaya usus bocor selanjutnya adalah hipotiroidisme. Hipotiroidisme adalah kondisi yang terjadi ketika kelenjar tiroid tidak memproduksi hormon yang cukup. Hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid adalah hormon yang mengontrol proses metabolisme tubuh. Sehingga orang yang terserang gangguan ini sistem metabolisme tubuhnya akan terhambat.

8. Vitiligo

Vitiligo adalah keadaan yang mana pigmentasi atau warna hilang pada kulit. Vitiligo biasanya terjadi pada kulit bagian punggung tangan, ketiak, dan wajah. Penyakit ini memang tidak mematikan, namun tidak dapat disembuhkan. Meskipun warna kulit pada wajah bisa kembali, kemungkinan untuk itu terjadi sangat kecil.

Itulah beberapa bahaya usus bocor yang sering tidak disadari. Ternyata usus bocor yang tidak segera diatasi akan berpengaruh tidak hanya pada usus atau organ pencernaan lainnya, tetapi juga dapat berpengaruh pada organ tubuh lainnya yang terlihat seperti tidak ada hubungannya dengan usus. Untuk itu, jangan sepelekan penyakit usus bocor ini jika tidak ingin terkena bahaya usus bocor.

Sponsors Link
, , , ,