Sponsors Link

7 Bahaya Tubuh Lemas Karena Asam Lambung Tinggi Beserta Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau yang biasa dikenal dengan penyakit asam lambung adalah penyakit dengan gejala berupa rasa terbakar di ulu hati atau adanya rasa nyeri pada dada karena cairan asam lambung yang naik kembali ke kerongkongan. Gejala ini juga dikenal sebagai regurgitasi atau rasa asam dan pahit di dalam mulut yang muncul karena naiknya kembali cairan asam lambung ke esofagus atau kerongkongan.

ads

Kondisi ini disebabkan oleh katup atau pintu antara lambung dengan kerongkongan (Lower Esophageal Sphicnhter atau LES) tidak berfungsi dengan baik. Namun demikian, perlu diketahui bahwa terdapat perbedaan maag dengan gerd.

Gejala ini bisa menyebabkan berbagai komplikasi yang diakibatkan oleh naiknya kembali cairan asam lambung ke kerongkongan. Gejala yang bisa terjadi adalah munculnya jantung berdebar, gemetar, keluar keringat dingin dan tubuh jadi tidak memiliki energi untuk beraktivitas. Hal ini bisa semakin parah bagi perempuan yang sedang menstruasi karena pada saat produksi asam lambung meningkat ketika perempuan menstruasi.

Komplikasi lainnya bisa berupa luka pada dinding esofagus akibat cairan asam lambung dan bisa meluas lukanya yang kemudian bisa mengarahkan munculnya penyakit Barret’s yang merupakan gejala pra-kanker. Lebih jauh lagi, asam lambung yang naik ini bisa juga menyebabkan gangguan pada:

  • tenggorokan,
  • erosi gigi,
  • sinusitis,
  • asma, dan
  • gangguan paru-paru.

Selain itu, apabila dibiarkan, kasus asam lambung bisa mengakibatkan terjadinya:

Cara Mengatasi

Terdapat juga bahaya tubuh lemas karena asam lambung tinggi karena hal ini juga menyerupai gejala penyakit jantung koroner. Bahaya tubuh lemas karena asam lambung tinggi lainnya adalah karena bisa jadi merupakan tanda-tanda gangguan penyakit lainnya yang lebih parah, seperti:

Oleh karena itu, penting untuk mengatasi dan menekan terjadinya asam lambung naik (GERD) karena bisa saja merupakan gejala penyakit yang lebih parah atau fatal. Sebenarnya, GERD ini tidak dapat disembuhkan. Akan tetapi, frekuensi munculnya gangguan ini dapat ditekan atau diminimalisir melalui beberapa cara berikut ini:

  1. Menghentikan kebiasaan merokok.
  2. Mengubah pola makan, seperti tidak mengonsumsi daging-dagingan bersamaan dengan jeroan.
    Sponsors Link

  3. Tidak mengonsumsi daging-dagingan secara terus-menerus.
  4. Rentang waktu setelah makan dengan jam tidur minimal dua jam. Perlu diketahui bahwa gejala GERD terjadi pada malam hari.
  5. Mengontrol dan mengatur berat badan dan usahakan ke berat badan ideal.
  6. Kurangi minum-minuman bersoda, kafein, atau alkohol.
  7. Makan sering-sering dengan porsi kecil karena penderita maag sering lapar.

Ada beberapa obat-obatan yang dapat dikonsumsi untuk mengurangi bahaya tubuh lemas karena asam lambung tinggi, yakni sebagai berikut.

  1. Kelompok pertama – penghambat reseptor antagonis, seperti famotidn, simetidin, atau ranitidin.
  2. Kelompok kedua – obat anti asam kuat, seperti rabeprazol, pantoprazol, atau omeprazol.

Demikian informasi mengenai bahaya tubuh lemas karena asam lambung tinggi. Semoga bermanfaat!

Sponsors Link
, ,