Sponsors Link

9 Bahaya Tidak BAB Seminggu Bisa Menyebabkan Kanker Usus

Sponsors Link

Perlu Anda ketahui, bahwa manusia normal pada umumnya akan melakukan proses BAB atau buang air besar sebanyak 2 kali dalam sehari. Kalaupun terjadi keterlambatan, bisa mencapai 3 hari satu kali. Namun, kegiatan buang air besar yang cukup jarang, bahkan hingga waktu seminggu, bisa memunculkan penyakit baru yang berbahaya untuk kesehatan pencernaan.

ads

Kegiatan buang air besar ini adalah proses akhir dari system pencernaan manusia, yang akhirnya akan mengeluarkan organism yang merupakan material solid, cair dan semi solid yang merupakan sisa makanan dan dikeluarkan melalui anus. Pada proses normalnya, dalam satu minggu, seharusnya manusia bisa melakukan BAB cukup sering. Namun, ketika sudah lebih dari seminggu, Anda masih cara merawat lambung yang luka menganggap hal biasa, mereka inilah yang mudah terserang penyakit.

Ketika kita tidak bisa buang air besar atau BAB lebih dari satu minggu, harus dipastikan bahwa mungkin seseorang ini mengalami keracunan makanan. Namun, jika masih belum cara penularan cacingan sembuh total, maka keadaanya akan menjadi kurang nyaman dan abnormal.

Penyebab Bahaya Utama Susah BAB

Kegiatan BAB yang normal, seharusnya terjadi beberapa kali dalam kurun waktu satu minggu. Namun, ketika sistem pencernaan mengalami masalah, maka efeknya membuat kita lebih susah untuk melakukan BAB. Terlebih, ketika BAB masih juga belum bisa dilakukan selama satu minggu, namun kita juga tetap harus memberikan nutrisi untuk tubuh kita, dengan mengkonsumsi makanan seperti biasanya.

Jika Anda sedang mengalami BAB, sebaiknya lakukan pengecekan, apakah Anda melakukan kegiatan (seperti makan atau minum) minuman yang kurang bersahabat untuk sistem pencernaan kita ? Sebaiknya, ketahui terlebih dulu, apa penyebab utama dari seseorang yang mengalami susah BAB bahkan hingga seminggu. Berikut ini beberapa penyebab kita mengalami susah BAB atau konstipasi:

  • Menunda BAB Ketika Waktunya

Anak-anak maupun dewasa dapat mengalami konstipasi, sebab mereka suka menunda kegiatan untuk segera BAB. Ada beberapa hal yang membuat mereka menunda BAB nya, seperti keadaan toilet umum yang kurang bersih ketika hendak BAB, sedang ada pekerjaan deadline atau merasa malu ketika harus izin karena akan BAB. Sebaiknyam hindari menunda kegiatan BAB, karena BAB harus disegerakan, bukan ditunda atau ditahan.

  • Pola Makan Kurang Baik

Makanan yang baik, yang seharusnya dikonsumsi oleh kita adalah makanan yang mengandung nutrisi penting, seperti vitamin, mineral hingga serat yang maksimal. Namun, sebagian orang terlalu sering merubah pola makan sehatnya, dengan cara memakan makanan dan minuman yang sebenarnya kurang baik untuk kesehatanya. Mereka juga mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut secara berlebih, sehingga jangan heran jika sangat mudah terkena konstipasi.

  • Pengaruh Obat Tertentu

Seseorang yang pernah sakit atau sedang sakit, biasanya membutuhkan obat untuk mempercepat masa penyembuhanya. Namun, Anda harus lebih berhati-hati, karena cara mengobati luka lambung dengan madu ternyata ada beberapa jenis obat yang bila dikonsumsi, akan menyebkan susah BAB dalam waktu cukup lama.

  • Faktor Kehamilan
Sponsors Link

Konstipasi cukup sering dialami oleh wanita yang sedang hamil. Pada periode awal kehamilan, tubuh wanita akan banyak memproduksi hormone progesterone yang menimbulkan efek berupa kendurnya otot tubuh, sehingga otot pada organ ususnya cukup sulit melakukan kontraksi.

  • Kondisi Kesehatan lainya

Kesulitan BAB juga dapat diakibatkan oleh timbulnya penyakit lain bahaya tidak BAB seminggu dalam organ pencernaan seseorang. Beberapa penyakit yang bisa menimbulkan susah BAB seperti diabetes, kelenjar tiroid, iritasi usus dan lain sebagainya. Selain itu, penyakit berbahaya lainya seperti kanker usus besar atau kanker anus serta saraf tulang belakang yang cedera, juga dapat menjadi penyebab konstipasi terjadi.

  • Keadaan Psikologis

Ketika Anda mengalami stress yang cukup berat, baik dalam karir, maupun kehidupan Anda itu bisa menjadi pemicu terjadinya konstipasi. Gejala psikologis seperti ini ditandai dengan rasa stress tingi, depresi, trauma hingga pelecehan seksual.

Adapun 3 bahaya utama, jika kita  tidak BAB selama seminggu , Sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter Anda. berikut ini penjelasan dari 3 bahaya utama tersebut:

  • Perut Akan Kembuh dan Penuh
ads

Hampir semua manusia melakukan aktifitas makan di setiap harinya yang tidak ada hentinya. Hal ini seharusnya diimbangi dengan kegiatan pengeluaran dari system pencernaan agar siklus pencernaanya dapat terjadi dengan baik. Namun, ketika BAB menjadi sulit dilakukan hingga memakan waktu seminggu, maka Anda akan merasakan penuh di bagian perut, bahkan hingga merasakan sakit di sekitar area perut.

  • Mengalami Wasir atau Ambeien

Bahaya tidak BAB selama satu minggu berikutnya, Anda bisa terancam sakit wasir atau ambeien. Tinja dari sisa makanan yang tidak dikeluarkan juga dari tubuh, akan mengalami penyerapan air di area pencernaan bagian bawah usus kita. Oleh karena itu, feses menjadi semakin padat dank eras hingga sulit untuk dikeluarkan.

Proses tersebut akan menyebabkan seseorang mengalami sembelit yang cukup parah dan memakan waktu lama untuk bisa mengeluarkanya. Salah satu gejala yang makanan yang tidak boleh dimakan saat sembelit disebabkan karena sembelit parah ini adalah Wasir dan ambeien atau hemoroid. Gejalanya, akan muncul benjolan yang terlihat keluar saat Anda mengejan untuk BAB.

  • Kanker Usus Besar atau Kanker Kolorektal

Yang lebih berbahaya lagi adalah kita bisa terkena sakit kanker usus besar atau kanker kolorektal, hanya karena kita susah BAB dalam waktu yang cukup lama. Kanker ini awalnya dipicu dari gejala penyakit pencernaan lain, yang terkadang dianggap sepele. Kanker seperti ini juga bermula dari polip yang tumbuh di sepanjang dinding usus besar dan rectum kita.

Ciri-ciri Terjadinya Masalah Pada Pencernaan

Umumnya, pencernaan yang sehat tidak akan memunculkan masalah kesehatan, bagi setiap orang. Kita bisa mendeteksi apakah pencernaan kita bermasalah atau normal, dengan melihat ciri-cirinya berikut ini:

  • Tekstur Feses

Pencernaan yang berjalan normal, akan mengeluarkan feses yang bertekstur cenderung sedang. Feses tersebut tidak terlalu keras, tidak juga terlalu cair dan memiliki bentuk yang lonjong. Namun, Jika Fesesnya malah sulit dikeluarkan, bisa jadi di tubuh orang tersebut cara mengobati luka lambung mengalami kekurangan cairan. Sebaliknya, ketika feses yang dikeluarkan terlalu cair, itu berarti seseorang tersebut mengalami asam lambung yang cukup tinggi.

  • Warna Feses

Kita juga mendeteksi apakah BAB kita normal, dengan melihat warna feses yang dikeluarkan. Jika setiap kali BAB, warna feses yang dikeluarkan cenderung hitam , bisa jadi di seseorang tersebut mengalami pendarahan dalam pencernaanya. Apabila warnanya cenderung hijau, bisa diartikan Anda mengalami kekurangan zat besi. Jika berwarna merah, maka telah terjadi pendarahan di bagian akhir pencernaan. Warna putih pada feses bisa diartikan akibat penyakit hepatitis. Sementara warna feses yang normal, umumnya berwarna cokelat hingga cokelat kekuningan.

  • Aroma Feses

Ketika feses dikeluarkan, dari aroma feses tersebut kita juga bisa mengetahui apakah system pencernaan kita bermasalah atau tidak. Jika aroma feses yang dikeluarkan terlalu menyengat dan busuk, bisa jadi pencernaan Anda memang sedang bermasalah.

  • Kekurangan Air

Saat kita kekurangan cairan, atau air mineral, maka feses yang hendak dikeluarkan akan lebih keras dan cenderung lambat. Seseorang yang mengalami susah BAB, sebaiknya banyak minum air putih setiap harinya. Selain BAB akan lebih lancar, sistem pencernaan kita juga lebih bersih dari kuman dan bakteri jahat.

Jika Anda mengalami susah BAB, bahkan sudah mencapai waktu seminggu , maka segera periksakan diri ke dokter terbaik. Pasalnya, BAB yang tidak rutin dilakukan, dapat makanan yang tidak boleh dimakan saat sembelit membuat racun-recun sisa makanan menempel di bagian dinding usus kita, sehingga memberikan efek negative bagi kesehatan.

Cara Mencegah Susahnya BAB

Ternyata, ketika kita tidak bisa melakukan BAB dalam seminggu atau bahkan lebih, bisa mengakibatkan penyakit pencernaan lainya yang cukup berbahaya untuk tubuh kita. Maka dari itu, sebaiknya kita berusaha sejak dini, untuk mendeteksi alasan susah BAB tersebut dan menjalankan cara mencegahnya seperti berikut :

  • Minum Cukup Air Putih
Sponsors Link

Normalnya, kita harus minum air putih untuk menambah cairan yang dibutuhkan tubuh, sebanyak 1.5 liter atau 8 gelas setiap harinya. Asupan cairan tersebut akan cukup untuk pantangan makanan penderita tipes tubuh dan membantu melancarkan proses pencernaan yang terjadi. Selain itu, air putih juga mampu menghilangkan racun yang menempel di bagian organ pencernaan, karena makanan dan minuman yang kurang sehat.

  • Kurangi Makan Gorengan

Makanan yang diolah dengan cara digoreng memang enak rasanya. Namun, tahukah Anda bahwa untuk mencegah sembelit atau konstipasi sebaiknya Anda menghindari diri dulu untuk makan gorengan. Terlalu banyak mengkonsumsi gorengan, dikhawatirkan akan mengganggu jalanya pencernaan secara lancar.

  • Tidak Dulu Minum Kopi, The dll

Kopi adalah minuman yang banyak disukai hampir sebagian besar orang, namun sebenarnya memiliki efek yang kurang baik untuk kesehatan orang yang sensitif dalam masalah pencernaan. Kopi yang mengandung kafein ini sebaiknya tidak terlalu sering dikonsumsi, karena selain menyebabkan konstipaso, kopi juga bisa menyebabkan dehidrasi.

  • Konsumsi Makanan Berserat

Ada baiknya, kita lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan yang berserat. Makanan yang mengandung serat itu dapat membantu melancarkan proses pencernaan, khususnya dalam aktifitas susah BAB. Jenis serat biasanya tidak diserap kembali, karena akan larut dengan sendirinya

  • Konsumsi Yoghurt dan Minuman Prebiotik

Zat prebiotik adalah organism hidup yang dikenal dapat memberikan efek yang positif, bagi kesehatan pencernaan kita, khususnya untuk organ usus. Prebiotik membantu melawan bakteri jahat di dalam usus, serta membantu penyerapan nutrisi dan vitamin.

  • Makan Pepaya dan buah tinggi serat lainya

Beberapa buah yang disarankan untuk dikonsumsi saat konstipasi, adalah papaya, strawberry dan pisang. Buah-buahan ini mengandung vitamin C serta serat tinggi yang membantu proses pencernaan, agar lancar tanpa hambatan.

Sebaiknya, kita menghindari penyebab konstipasi yang membuat kita kesulitan buang air besar. Jika tidak diperhatikan, dikhawatirkan kita bisa memicu munculnya penyakit pada organ pencernaan, yang lebih berbahaya. Pastikan kita tidak terancam bahaya tidak BAB seminggu, dengan melakukan pengobatan dan menjalankan pola makan yang lebih sehat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :