Sponsors Link

4 Bahaya Polip Lambung Bagi Tubuh yang Harus Diperhatikan

Sponsors Link

Polip merupakan pertumbuhan abnormal dari jaringan yang bisa ditemukan di setiap anggota tubuh yang memiliki pembuluh darah. Polip lambung ialah jenis polip yang paling sering dialami dan sudah banyak penderita dari jenis penyakit ini.

ads

Tetapi banyak dari penderita polip lambung tidak sadar akan adanya penyakit pada tubuh mereka, karena banyak dari mereka yan tidak sadar akan gejala-gejala dari polip lambung. Jika polip pada lambung terus tumbuh hingga mencapai ukuran yang besar karena kondisi-kondisi tertentu, maka polip ini akan menimbulkan sejumlah masalah., karena lambung menganggap polip sebagai makanan sehingga lambung mengeluakan lebih banyak enzim.

Hal ini membuat dinding lambung tereksitasi hingga menyebabkan timbulnya luka pada dinding lambung. Luka pada dinding lambung dapat menyebabkan rasa nyeri seperti gejala penyakit maag, tapi hal ini tidak dapat disimpulkan sebagai penyakit maag.

Tetapi jika penyakit polip lambung tidak segera disembuhkan dan dibiarkan begitu saja tanpa adanya penangan lebih lanjut, tentu hal ini dapat berbahaya bagi penderita polip lambung. Bahaya-bahaya yang dapat menyerang penderita polip lambung adalah sebagai berikut:

  • Penurunan Berat Badan

Penurunan berat badan dapat terjadi kepada penderita polip lambung. Hal ini disebabkan karena lambung tidak dapat menyerap makanan secara sempurna, sehingga tubuh tidak memperoleh gizi dan nutrisi dari makanan secara sempurna.

Hal ini dapat membuat si penderita merasa lemas dan berat badan semakin lama semakin turun. Badan yang kurus tentu dapat mempengaruhi keseluruh bagian tubuh yang lain jika si penderita tidak menerima asupan yang mencukupi. (Baca juga: Penyebab Kurang Gizi Yang Wajib Diketahui)

Penderita polip lambung bukanlah tidak mungkin terjauh dari bahaya yang satu ini. Makanan yang tidak dapat dikelola dengan sempurna oleh lambung akan mengalir melewati usus. Usus yang dilewati oleh makanan yang tidak dihancurkan secara sempurna tentu dapat melukai dinding usus. Hal ini dapat merusak sistem pencernaan akibat dinding usus yang luka termasuk usus halus.

  • Tumor Lambung

Polip lambung yang sudah memiliki ukuran lebih dari 2 cm dan luka pada lambung dapat menyebabkan sel yang tidak normal tumbuh pada lambung. Lambung yang memiliki sel tumor menyebabkan lambung dapat memperoduksi banyak cairan lendir yang menyerupai ingus. Tumor pada lambung biasanya menyerang bagian lambung yang mempunyai otot atau dinding lambung yang memperoduksi hormon. Penyakit tumor bisa juga bersifat jinak atau ganas yang dimana hal ini dapat berubah menjadi kanker.

  • Kanker Lambung

Polip lambung dapat membuat sel-sel pada bagian tertrntu pada lambung berkembang dengan tidak terkendali, hal ini dapat menyebabkan kanker pada si penderita polip lambung. Kanker lambung awalnya berasal dari tumor lambung yang terjadi akibat sel-sel yang tidak terkendali. Jika penderita tidak melakukan pengobatan pada penyakit ini, tentu hal ini akan menyerang bagian yang lain.

Sponsors Link

Sistem pencernaan yang bermasalah dapat mempengaruhi pada kekebalan tubuh dan tidak jarang dari penderita polip lambung mengalami diare dan muntah-muntah karena kekurangan asupan gizi dan makanan yang dikelola tidak diproses dengan benar.

Memakan obat diare tidak dapat mengatasi diare secara keseluruhan karena permasalahan dari ini berasal dari polip lambung yang seperti daging tumbuh pada dinding lambung.  Untuk mengenali gejala dari polip lambung sangatlah sulit karena jarang menimbulkan tanda-tandanya, jika polip semakin besar maka akan menghalangi lubang antara lambung dan usus kecil. Perlu diketahu ciri-ciri Polip Lambung untuk mengatasi penyakit ini tidak semakin berbahaya bagi si penderita.

Setiap jenis penyakit tentu akan menjadi berbahaya bagi tubuh jika tidak ditangani dengan cepat dan benar sama halnya dengan polip lambung dapat menimbulkan bahaya bagi tubuh. polip lambung dapat beresiko berbahaya yang dapat menimbulkan tumor lambung jika ukurannya sudah lebih dari 2 cm.

Pembesaran pada polip lambung dapat terjadi karena mengkonsumsi makanan yang mengandung nitrat dengan jumlah yang terlalu banyak. Nitrat merupakan zat pengawet yang sering ditemukan pada makanan dan minuman kemasan.

Sponsors Link

Tidak hanya dapat menimbulkan tumor pada lambung tetapi juga beresiko akan menimbulkan terjadinya kanker lambung, peradangan di lambung akan mengganggu fungsi utama lambung sebagai organ pencernaan dan penyimpan makanan. Kanker merupakan penyakit yang tidak dapat dipandang sebelah mata karena banyak dampak dari kanker yang mempengaruhi tubuh si penderita. (Baca Juga: Obat Tradisional untuk Tumor Perut)

Inilah bahaya-bahaya dari polip lambung yang dapat mempengaruhi tubuh jika dibiarkan terus menerus tanpa pengangan lebih lanjut. Jika kondisi semakin parah, maka disarankan untuk pergi ke dokter dan mengeluhkan sakit pada bagian yang terasa sakit untuk dilakukan penangan lebih lanjut kepada bagian yang sakit, karena polip lambung dapat diobati dengan cara medis karena bantuan dari dokter yang akan mengamati perkembangan kesehatan. Polip pada lambung dapat juga diobati secara tradisional.

Tetapi jika si penderita sudah merasakan sakit yang berlebih dan takut tidak bekerja maka disarankan untuk memakai cara medis. Memilih dokter yang tepat dan berpengalaman dalam bidangnya dapat membantu proses penyembuhan terhadap polib lambung pada si penderita.

Sponsors Link
, ,