Sponsors Link

9 Bahaya Muntah Darah Karena Maag Kronis Wajib Anda Waspadai

Sponsors Link

Maag merupakan penyakit yang disebabkan terjadinya peradangan pada lambung yang membuat perut terasa sakit, pedih, dan mulas. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya maag yaitu obat-obatan, minum alkohol berlebihan, stress, makan tidak teratur dan beberapa faktor lainnya. Hal ini menyebabkan asam lambung yang meningkat dan mengiris dinding lambung, Gejala pertamanya ialah berupa rasa sakit dan mulas pada perut. Maag bukanlah merupakan kasus penyakit yang begitu berbahaya pada awal tahapnya, tetapi jika penyakit ini dibiarkan dan tingkat asam lambung semakin meningkat maka hal ini dapat sangat berbahaya bagi tubuh. (Baca juga: Cara Mengobati Maag Dengan Tepung Kanji)

ads

Dampak Muntah Darah Karena Maag Kronis

Maag digolongkan menjadi dua yaitu maag akut dan maag kronis, Maag akut merupakan maag yang bisa kambuh tiba-tiba sedangkan maag kronis merupakan maag yang dapat berkembang tingkat keparahannya. Tetapi bagaimana jika mengalami muntah darah karena maag kronis? Bahaya yang muncul karena muntah darah karena maag kronis adalah sebagai berikut:

  • Kekurangan darah

Bagi penderita maag kronis yang mengalami muntah darah, hal ini tentu akan terjadi jika sering terjadi berulang-ulang. Darah yang keluar dapat mempengeruhi volume darah pada tubuh. Ini juga bisa menyebabkan terjadi Anemia pada si penderita.

  • Pernafasan yang tidak teratur

Ketika si penderita sering mengalami muntah darah maka ia secara tidak langsung memaksa tubuhnya untuk mendorong tubuh mengeluarkan tenaga lebih banyak. Tidak jarang si penderita dapat mengalami kesusahan ketika bernafas karena asam lambung, ada juga cara-cara untuk menghilangkan sesak nafas akibat asam lambung.

  • Lambung semakin pedih

Tidak jarang penderita maag apalagi jika sampai muntah darah merasa tidak nafsu makan karena kehilangan tenaga dan lemas. Keadaan seperti ini tentu sangat berbahaya dimana akan membuat kondisi semakin parah.

Muntah darah pada penderita maag kronis terjadi pada saat maag kambuh dengan tanda-tanda sebagai berikut:

  1. Merasakan sakit/tidak nyaman di perut
  2. Mual
  3. Bersendawa
  4. Perut kembung
  5. Muntah
  6. Adanya perut terasa panas dan mual.

Penanganan Penyakit Maag Akut

Sedanglan contoh dari maag akut adalah merasa tidak nyaman setelah mengkonsumsi alkohol, kopi dan makanan yang lain yang dapat memicu asam lambung naik. Tetapi hal yang paling perlu diwaspadai apabila terjadinya nyeri pada ulu hati bersamaan dengan muntah atau mual yang bercampur darah, ini merupakan tanda bahwa iritasi pada lambung sudah menjadi makin parah. Jika hal ini dibiarkan maka bisa berakibat kekurangan darah dan kematian.

Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah semakin buruknya kondisi, yaitu:

  • Porsi makan lebih sedikit dari biasanya tetapi dilakukan lebih sering dalam sehari, dibanding makan 3 kali dengan porsi yang lebih banyak.
  • Mengendalikan stress dan istirahat yang cukup.
  • Jika setelah makan maka tunggu beberapa jam, jangan segera berbaring setelah makan.
  • Mengunyah makanan yang baik untuk ditelan.
  • Hindari makanan dan minuman yang dapat memicu asam lambung meningkat. Makanan yang perlu dihindari seperti asam bersantan, pedas, dan berlemak tinggi. Minuman yang perlu dihindari yaitu yang berkafein, beralkohol, dan bersoda. Batasi juga memakan cokelat dan keju. (Baca Juga: Cara Menogabti Perut Perih Akibat Makanan Pedas)

Jika terjadi muntah darah terus menerus maka disarankan untuk ke dokter atau IGD karena hal ini dapat membuat susah makan, minum, nyeri perut yang sangat sakit dan kekurangan darah pada si penderita tersebut. Agar dapat dilakukan penanganan lebih lanjut terhadap penyakit ini. (Baca Juga: Manfaat Kunyit Pada Penyakit Maag)

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Maag