Sponsors Link

3 Bahaya Lambung Bengkak Jika Sering Diabaikan

Sponsors Link

Penyakit maag seringkali menyerang sistem pencernaan makanan manusia biasanya dialami mahasiswa yang pada umumnya ngekos atau para pekerja yang terlalu fokus kerja sehingga lupa untuk makan. Penyakit ini seringkali dianggap remeh, dan pada akhirnya menjadi penyakit yang kronis. Karena seringnya maag terjadi serta tidak diberikan pengobatan yang serius menyebabkan lambung menjadi bengkak. Kelalaian ini yang menjadikan virus, bakteri dan peningkatan asam serta lainnya membuat lambung cepat bengkak.

ads
  • Faktor Penyebab Lambung Bengkak

Penyakit maag sering muntah bukan faktor tunggal penyebab lambung bengkak, ada beberapa faktor lainnya yang menjadi penyebab lambung bisa bengkak, antara lain :

  1. Infeksi karena bakteri dan virus.
  2. Berlebihan saat mengkonsumsi makanan seperti yang pedas, asam hingga minuman beralkohol, sehingga yang berakibat lambung iritasi.
  3. Waktu makan yang tidak teratur.
  4. Meningkatnya kadar asam lambung.
  5. Mengalami stress dan tekanan emosional.
  • Gejala Lambung Bengkak

Lambung pada bengkak tidak bisa dianggap remeh, maka penting untuk Anda ketahui ciri-ciri penyakit lambung bengkak yang pada umumnya terjadi saat lambung sudah bengkak :

  1. Anda sering bersendawa dalam keseharian.
  2. Mual dan dan muntah.
  3. Perut sakit seperti ditusuk-tusuk, terasa kembung dan nyeri.
  4. Seringnya gejala di atas menyerang Anda, sehingga menyebabkan nafsu makan yang menurun.
  5. Sakit perut bagian atas tengah yang menyerang hingga ke ulu hati membuat tidur Anda akan terganggu, dan menyebabkan Anda jarang bisa tidur nyenyak.
  • Pantangan Untuk Penderita Lambung Bengkak

Jika sudah mengalami gejala di atas berarti Anda menderita lambung bengkak sehingga harus memperhatikan beberapa pantangan berikut :

  1. Hindari makanan yang memiliki rasa asam dan pedas. Kedua makanan ini dapat mengiritasi lambung dan membuat penderita lambung tidak nyaman. Apalagi makanan tersebut mengandung saus tomat ataupun cabai dan merica.
  2. Tak hanya makanan yang asam atau pedas, tapi juga mengandung lemak tinggi. Ketika Anda mengkonsumsi dengan kandungan lemak tinggi maka juga akan dapat dengan mudah mengiritasi lambung. Maka dari itu hindari dulu mengkonsumsi seperti gorengan, makanan jeroan, sayur tumis hingga meminum susu sekalipun.
  3. Makanan hasil dari fermentasi juga menjadi pantangan Anda, karena kandungan alkoholnya dapat meningkatkan asam lambung. Sehingga sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi tape ketan, tape singkong, dan oncom.
  4. Buah seperti nanas, rambutan, nangka, durian atau mangga muda akan enak dimakan, apalagi dikonsumsi ketika baru dipetik dari pohonnya. Tetapi bagi Anda yang sedang menderita lambung bengkak, buah-buahan tersebut termasuk makanan penyebab asam lambung kambuh yang harus dihindari karena mengandung gas yang dapat menumpuk dalam lambung dan menyebabkan kadar asam lambung meningkat.
  5. Anda yang terbiasa merokok, harus mengurangi bahkan menghindari untuk merokok terlebih dahulu karena akan menghambat penyembuhan.
  6. Hindari minuman yang bersoda, berenergi dan minuman yang dikemas dalam kaleng dan botol, karena minuman tersebut membuat asam lambung meningkat.
  7. Makanan yang mengandung Acin Reflux juga dilarang Anda konsumsi. Kandungan asam dalam makanan tersebut pastinya dapat meningkatkan kadar asam lambung. Makanan yang mengandung Acin Reflux biasanya terdapat pada asinan, atau makanan yang mengandung cuka.

Penting bagi Anda untuk mengetahui serta mematuhi hal yang menjadi pantangan ketika lambung sudah bengkak sambil rutin mengkonsumsi buah yang baik untuk lambung luka. Dan paling penting, Anda harus ke dokter untuk berkonsultasi agar mendapat obat lambung bengkak dengan penanganan medis yang tepat.

  • Bahaya Lambung Bengkak

Jika lambung bengkak diabaikan dan pantangan-pantangan tadi diabaikan, maka akan menimbulkan berbagai bahaya seperti berikut:

  1. Karena lambung bengkak disebabkan oleh maag yang terlalu parah, maka akan berbahaya bisa menyebabkan kanker kerongkongan dan infeksi kerongkongan karena asam lambung naik.
  2. Lambung yang luka dan membengkak dapat memicu munculnya kanker lambung jika tidak segera ditangani.
  3. Infeksi lambung dapat memicu penyakit lain di usus, hati, dan alat pencernaan lainnya bahkan lambung bisa bocor.

Sponsors Link
, , , , ,