Sponsors Link

BAB Lendir Bening Gejala – Penyebab dan Pengobatanya

Sponsors Link

Apakah Anda pernah mengalami BAB yang mengeluarkan lendir? Jika iya, apakah lendir yang keluar berjumlah banyak?.  Sebenarnya, jika lendir yang keluar bersama dengan tinja jumlahnya wajar, maka itu tidak berbahaya. Lendir yang keluar, diindikasikan adanya bakteri di dalam usus penderitanya. Jika saat BAB produksi lendir cukup banyak, sebaiknya segera memeriksa keadaan tersebut kepada dokter ahli. Lendir yang muncul terlalu banyak saat BAB, bisa jadi gejala penyakit pencernaan yang serius.

ads

Perlu Anda ketahui , bahwa rata-rata tubuh yang normal dapat menghasilkan lebih dari satu liter lendir setiap hari. Lendir ini berbentuk seperti jeli yang bersatu dan keluar cara merawat lambung yang luka bersama tinja ketika BAB. Saat jumlah lendir yang keluar berlebih, hal tersebut menunjukan adanya gangguan kesehatan pencernaan di dalam tubuh, khususnya bagian pencernaan di area organ usus besar dan usus kecil kita.

Gejala BAB Lendir Bening

Ketika Anda mendapat BAB yang disertai dengan lendir bening dan keluar dari anus, maka coba perhatikan gejala lainya. Jika terdapat gejala seperti adanya benjolan wasir pada anus, kemudian ada keluhan lain seperti keluarnya darah, diare dan konstipasi, serta rasa nyeri pada anus, ini merupakan gejala BAB lendir bening.

Jika gejala yang muncul adalah BAB yang berlendir, namun tidak disertai dengan keluhan gejala lainya, maka ini tidak berbahaya. Penangananya, Anda hanya cukup membersihkan area genital dengan air bersih dan cara yang benar. Namun, jika keluhan penyakit lainya menyertai BAB berlendir Anda, maka segera hubungi dokter specialis penyakit dalam agar mendapat penanganan yang sesuai.

Penyebab BAB Lendir Bening

Pada dasarnya tubuh kita memang memerlukan lendir yang fungsinya untuk melumasi jaringan serta organ halus. Selain itu, lendir ini juga berfungsi untuk mengurangi terjadinya kerusakan yang mungkin terjadi dan disebabkan oleh asam lambung, jamur, virus serta cairan berbahaya seperti iritasi. Adapun BAB yang keluar disertai lendir biasanya merupakan gangguan kesehatan seperti diare dan infeksi usus.

BAB yang disertai lendir juga bisa muncul dengan gejala lainya. Gejala tersebut seperti keluarnya darah bersamaan dengan tinja, atau bisa juga keluar nanah. Gejala lainya juga bisa obat tukak lambung muncul seperti perut kembung, kram perut serta mengalami perubahan kebiasaan BAB.  Ketika penderita mengalami dehidrasi atau sembelit, ini juga bisa menyebabkan keluarnya lendir yang berlebih.

Seperti yang telah diuraikan di atas, bahwa ada beberapa penyebab yang bisa menimbulkan sakit BAB berlendir. Diantaranya, penyakit wasir juga menjadi penyebab BAB berlendir bening, dengan keadaan anus yang menonjol ketika mengejan. Namun, terdapat beberapa penyebab lainya yang wajib diketahui. Berikut ini penyebab lainya yang membuat BAB menjadi berlendir :

  • Penyakit Crohn
  • Cystic Fibrosis
  • Kolitis Ulseratif
  • Infeksi Parasit
  • Irritable bowel syndrome (IBS)
  • Kanker rectum dan rectum usus
  • Gangguan pada penyerapan, Intoleransi untuk laktosa atau penyakit celiac

Diagnosis

Sponsors Link

Ketika pasien yang mengalami BAB berlendir berkonsultasi ke dokter, dokter akan melakukan analisa serta diagnosis khusus. Diagnosisnya ini juga akan menghasilkan solusi pengobatan yang berbeda-beda, tergantung dari penyebabnya. Diganosis dilakukan dengan melakukan tes fisik serta tes darah dan kemudian dilakukan pemeriksaan lanjut dengan tes tinja  serta penyebab bab tidak tuntas tes urine.

Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan dengan cara memeriksa dubur, meneropong area rectum dan anus dengan suatu alat. Untuk pemeriksaan lanjutan, biasanya akan dilakukan beberapa tindakan seperti tes fisik, tes darah serta pemeriksaan lanjutan seperti tes tinja, tes urine , tes keringat, endoskopi, kolonoskopi dan juga sinar X, MRI, serta CT scan.

Hasil diagnosis yang akan keluar adalah hasil yang menentukan pengobatan mana yang cocok diberikan atas saran dokter. Adanya perubahan gaya hidup orang dalam membantu menyelesaikan penyakit ileus masalah gangguan kesehatan kelebihan lendir ketika BAB. Berikut ini cara yang bisa dilakukan :

  • Meningkatkan kesehatan usus dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung prebiotik dan probiotik
  • Mengkonsumsi buah-buahan serta sayuran berwarna
  • Meningkatkan asupan cairan ketika mengalami dehidrasi
  • Mengkonsumsi suplemen yang mengandung Bifidobacterium dan Lactobacillus (jika dibutuhkan)
  • Menghindari untuk tidak makan pedas , karena dapat menyebabkan radang yang berbahaya untuk pencernaan
  • Masukan menu sehat yang seimbang, baik serat, karbohidrat dan juga lemaknya
  • Pantangan Makanan Untuk Penderita BAB Berlendir
ads

Pengobatan BAB lendir Bening

Penanganan yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah BAB yang berlendir juga tergantung dari kondisi lendirnya tersebut. Jika jumlah lendir berlebih dalam tinja, kemudian diikuti dengan campuran darah atau nanah, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

Banyak meminum air putih sangat dianjurkan ketika sedang mengalami BAB yang berlendir bening. Bisa jadi ini karena sakit disentri yang juga dapat menurunkan cairan dalam tubuh. Maka dari itu, perbanyak minum air putih agar kita tidak dehidrasi. Minum 8-10 gelas perhari. Ikuti tips diet sehat dengan  manfaat buah naga untuk ambeien mengkonsumsi makanan yang tinggi akan nutrisi seimbang. Dengan begitu, BAB akan kembali normal dan sehat.

Hindari untuk melakukan hal yang kurang baik untuk kesehatan, seperti merokok. Hindari juga minum minuman beralkohol terlalu berlebihan. Sebaiknya Anda memperhatikan keadaan perut untuk cara mengobati ambeien dengan daun pepaya bisa menerima makanan secara normal kembali. Hasil diagnosis yang akan keluar adalah hasil yang menentukan pengobatan mana yang cocok diberikan atas saran dokter. Adanya perubahan gaya hidup orang dalam membantu menyelesaikan masalah gangguan kesehatan kelebihan lendir ketika BAB. Berikut ini cara yang bisa dilakukan :

  • Meningkatkan kesehatan usus dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung prebiotik dan probiotik
  • Mengkonsumsi buah-buahan serta sayuran berwarna
  • Meningkatkan asupan cairan ketika mengalami dehidrasi
  • Mengkonsumsi suplemen yang mengandung Bifidobacterium dan Lactobacillus (jika dibutuhkan)
  • Menghindari untuk tidak makan pedas , karena dapat menyebabkan radang yang berbahaya untuk pencernaan
  • Masukan menu sehat yang seimbang, baik serat, karbohidrat dan juga lemaknya
  • Pantangan Makanan Untuk Penderita BAB Berlendir

Pengobatan BAB lendir Bening

Penanganan yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah BAB yang berlendir juga tergantung dari kondisi lendirnya tersebut. Jika jumlah lendir berlebih dalam tinja, kemudian diikuti dengan campuran darah atau nanah, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter obat tradisional penyumbatan usus agar mendapat penanganan yang tepat.

Anda juga sebaiknya tidak merasa panic, jika kondisi BAB lendir bening ini sedang Anda alami. Gejala penyakit seperti ini jika dibiarkan, memang akan menimbulkan penyakit yang serius. Namun, sebaiknya Anda mencoba dulu beberapa langkah pencegahanya sebagai berikut :

  • Banyak meminum air putih sangat dianjurkan ketika sedang mengalami BAB yang berlendir bening. Bisa jadi ini karena sakit disentri yang juga dapat menurunkan cairan dalam tubuh. Maka dari itu, perbanyak minum air putih agar kita tidak dehidrasi. Minum 8-10 gelas perhari.
  • Ikuti tips diet sehat dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi akan nutrisi seimbang. Dengan begitu, BAB akan kembali normal dan sehat.
Sponsors Link

  • Hindari untuk melakukan hal yang kurang baik untuk kesehatan, seperti merokok. Hindari juga minum minuman beralkohol terlalu berlebihan. Sebaiknya Anda memperhatikan keadaan perut untuk bisa menerima makanan secara normal kembali.
  • Sebaiknya Anda tidak menahan BAB, panggilan alam tersebut harus disegerakan tidak bisa ditunda
  • Menghindari Mengkonsumsi Makanan pedas dan berlemak
  • Jika penyebabnya wasir, maka sebaiknya konsumsi obat wasir yang alami dan aman untuk dikonsumsi jangka panjang

Bagi Anda yang memutuskan untuk langsung mengunjungi dokter, silahkan temui dokter terbaik Anda. Biasanya, dokter akan melakukan tes fisik seperti tes darah, kolonoskopi serta tes sampel tinja seseorang, agar bisa mengetahui penyebab medis dari penyakit yang sedang di alami tersebut, serta dapat menentukan pengobatan yang tepat.

Setelah pemeriksaan dilakukan oleh dokter dan hasil pemeriksaan berhasil menemukan penyebab dari gangguan kesehatan BAB berlendir tersebut. Setelah itu, dokter akan menyarankan pengobatan yang paling tepat, yang bisa diberikan  sesuai dengan hasil pemeriksaan yang sudah keluar. Namun jika pasien mengalami BAB berlendir hingga beberapa kali dan disertai dengan keluarnya darah, segera lanjutkan pemeriksaan ke dokter, untuk penanganan medis yang lebih serius.

Sponsors Link
, ,
Oleh :