Sponsors Link

Asam Lambung dan Kecemasan – Kondisi dan Kaitannya

Sponsors Link

Lambung adalah salah satu organ yang berperan besar dalam sistem pencernaan manusia.  Komponen penting lambung dalam mencerna makanan secara kimiawi adalah asam lambung. Tingkat keasaman asam lambung yang begitu tinggi dengan pH antara 1 sampai dengan 3 membuatnya termasuk dalam golongan asam kuat yang berbahaya dan juga komponen penting dalam sistem pencernaan manusia. Tak bisa dipungkiri, tanpa adanya asam lambung, proses pencernaan tidak akan berjalan dengan lancar.

ads

Tuhan telah merancang manusia sedemikian rupa sehingga bahaya-bahaya yang mungkin dapat timbul akibat isi dari tubuh itu sendiri telah diantisipasi. Dalam hal ini, antisipasi tersebut muncul dalam bentuk lapisan lendir. Lapisan lendir yang menyelimuti lambung memastikan asam lambung tetap berada di lambung dan tidak berkeliaran ke organ tubuh lain namun hal tersebut tidak menghilangkan kecemasan atas bahaya dari asam lambung. Kecemasan tersebut ternyata bukan tidak berdasar. Meskipun antisipasi bahaya telah dilakukan tubuh dalam memanfaatkan asam lambung dan di saat yang bersamaan memproteksi tubuh dari zat kimiawi tersebut, asam lambung tetap tidak dapat dianggap enteng dan diremehkan.

Asam lambung dan kecemasan bagi kesehatan adalah dua hal yang tidak mungkin dipisahkan. Berikut ini adalah beberapa kondisi serta hal yang pada umumnya dapat menimbulkan kecemasan berkaitan dengan asam lambung bagi kesehatan,

  • Tingginya Kadar Asam Lambung

Situasi, kondisi dan tindakan serta sikap tertentu dapat meningkatkan kadar asam lambung baik secara cepat maupun lambat. Salah satu penyebabnya adalah telat makan yang menyebabkan lambung kosong dan asam lambung tidak dimanfaatkan sehingga kadar asam lambung meningkat secara alami. Perlu anda sadari, kadar asam lambung yang tinggi dapat menyebabkan banyak komplikasi apabila tidak segera ditindaklanjuti.

Salah satu contoh komplikasinya yang paling populer dan banyak penderitanya adalah penyakit maag, khususnya penyakit maag kronis. Meskipun para penderita maag dapat mencari alternatif-alternatif pengobatan, seperti cara mengobati maag dengan kunyit dan cara mengobati maag dengan tepung kanji, akan jauh lebih baik apabila sejak awal para penderita maag tidak lalai menjaga kadar asam lambung seperti yang dianjurkan dokter.

Selain itu, kadar asam lambung yang tinggi dapat menipiskan lapisan lendir pada lambung yang telah disebutkan di atas. Apabila dibiarkan terus menerus terjadi tanpa memberikan waktu bagi tubuh untuk memperbaiki lapisan lendir yang menipis tersebut, sifat korosif asam lambung dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah dan fatal. Gejala peristiwa kerusakan ini adalah rasa nyeri pada lambung. Tingginya kadar asam lambung dan kecemasan yang ditimbulkannya merupakan hal normal yang tidak dapat disepelekan.

  •  Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD)

Mungkin anda tidak pernah mendengar istilah Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD), atau justru anda sering mendengar istilah tersebut. GERD adalah peristiwa ketika asam lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan rasa terbakar yang menyakitkan. Penyebab asam lambung naik atau GERD sangat banyak dan beberapa di antaranya bukan merupakan hal yang dapat diobat, contohnya faktor usia dan kelainan – kelainan lain namun sebagian besar di antaranya adalah hal yang disebabkan kelalaian manusia dan ketidakmampuan manusia untuk menahan diri.

Peristiwa ini dapat juga disebabkan tingginya kadar dan jumlah asam lambung yang diproduksi tubuh sehingga asam lambung dapat naik merambat ke kerongkongan. Rasa terbakar yang menyertai GERD disebabkan sifat korosif asam lambung dan dapat menyebabkan radang pada organ-organ yang dilaluinya. Radang tersebut berpotensi menjadi bibit-bibit kanker yang mematikan. Hal yang cukup mengkhawatirkan. Pencegahan merupakan pilihan yang lebih baik dari pada pengobatan. Berdasarkan pedoman tersebut, penting bagi kita untuk mengetahui cara mencegah asam lambung naik demi menjaga kesehatan tubuh.

Sponsors Link

  • Rendahnya Kadar Asam Lambung

“Cukup, tidak lebih dan tidak kurang” adalah kunci kadar asam lambung yang sehat. Tingginya kadar asam lambung yang membahayakan tidak berarti apabila kadarnya terlalu rendah, anda dapat tenang-tenang saja. Kadar asam lambung yang rendah berarti tingginya kemungkinan makanan tidak tercerna dengan baik dalam lambung. Rendahnya kadar asam lambung juga berarti tetap hidupnya bakteri-bakteri yang berbahaya bagi tubuh dan dapat menetap untuk berkembang biak.

Penyebab kadar asam lambung yang rendah dapat meliputi stress dan depresi, mengkonsumsi antibiotik yang mengurangi kemampuan tubuh untuk memproduksi asam lambung tanpa resep dokter, mengkonsumsi makanan tidak bergizi dan bernutrisi, dsb. Mengkonsumsi antibiotik tanpa resep dokter sangat tidak dianjurkan karena dapat mengundang reaksi tubuh yang efek sampingnya tidak terasa secara langsung namun saat dirasakan juga membawa komplikasi-komplikasi lain, khususnya berkaitan asam lambung dan kecemasannya.

  • Lambung Bocor & Asam Lambung
Sponsors Link

Dari nama situasi ini, tentunya para pembaca juga menyadari bahwa kondisi yang satu ini bukanlah kondisi normal dan dapat dimaklumi. Lambung yang bocor sudah cukup mengkhawatirkan. Lambung yang bocor dan asam lambung yang mungkin menjelajahi organ lain adalah kondisi yang sangat mengkhawatirkan. Gejala dan penyebab lambung bocor merupakan pengetahuan wajib bagi anda yang masih sayang dengan nyawa serta kesehatan anda, sebab penyebabnya spesifik dan gejalanya tidak normal untuk dialami seseorang.

Ketika lambung dan lapisan lendir yang melindunginya dari asam lambung bolong atau bocor, asam lambung dapat mengiritasi organ lain yang berlokasi dekat dengan kebocoran lambung tersebut. Organ yang terkena imbasnya akan menimbulkan rasa nyeri menyerupai rasa terbakar, mirip dengan rasa terbakar pada kerongkongan saat GERD dialami. Selain itu, lambung bocor bukanlah sesuatu yang dapat diacuhkan dan diobati sendiri. Penanganan untuk lambung yang bocor harus ditangani yang ahlinya guna mengantisipasi terbuka kembalinya kebocoran tersebut dan timbulnya penyakit lain yang beruntun.

Mengingat begitu banyaknya asam lambung dan kecemasan yang mendampingi asam lambung pada kondisi-kondisi tertentu, menjaga kesehatan lambung menjadi perkara penting dalam kehidupan kita semua. Bagian yang tidak terpisahkan dari hal tersebut adalah menjaga kadar dan jumlah asam lambung yang sehat dalam tubuh. Kewajiban tidak terucapkan yang dipikul oleh seluruh umat manusia yang ingin bertahan hidup. Sekian ulasan mengenai asam lambung dan kecemasan-kecemasannya bagi kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :