Sponsors Link

11 Akibat Kekurangan Nutrisi Pada Tubuh Menyebabkan Depresi

Sponsors Link

Apa jadinya jika tubuh kita kekurangan nutrisi? Maka tubuh kita akan terserang penyakit kekurangan gizi atau malnutrisi. Gangguan kesehatan ini tentunya cukup serius, mengingat tubuh kita membutuhkan banyak nutrisi agar dapat terus bertahan untuk hidup. Nutrisi juga dibutuhkan oleh beberapa organ penting dalam tubuh kita, agar dapat berfungsi dengan baik.

ads

Malnutrisi merupakan suatu kondisi gangguan kesehatan yang terjadi pada seseorang, karena tidak mendapatkan nutrisi penting yang seharusnya pertolongan pertama keracunan makanan dibutuhkan oleh tubuh. Seseorang yang mengalami malnutrisi atau gizi buruk ini biasanya mengkonsumsi makanan secara normal, tapi makanan yang dikonsumsinya ini tidak mengandung vitamin dan mineral, sehingga tidak terpenuhi kebutuhan gizinya.

Penyakit Karena Kekurangan Nutrisi

Malnutrisi atau kekurangan nutrisi pada tubuh, disebabkan oleh kurang maksimalnya mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bervitamin. Selain itu, malnutrisi juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan tubuh itu sendiri yang tidak bisa menyerap nutrisi secara maksimal. Biasanya, kondisi seperti ini karena tubuh mengalami beberapa gangguan, seperi kesehatan mental, kecanduan alcohol bahkan ciri-ciri tipes kambuh kecanduan narkotika. Tidak heran, orang yang memiliki masalah dengan kondisi tubuhnya akan sulit tumbuh besar.

Malnutrisi yang disebakan oleh kondisi gangguan tubuh itu sendiri, juga dapat menyebabkan beberapa penyakit lainya, seperti berikut:

  • Marasmus

Marasmus adalah penyakit karena kekurangan nutrisi secara keseluruhan yang seharusnya menjadi sumber tenaga bagi tubuh seseorang. Penderita marasmus, kekurangan protein utama, zat lemak, karbohidrat dan lainya. Penyakit marasmus bisa dialami dewasa maupun anak-anak, bahkan dapat menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani.

Anak-anak atau dewasa yang menderita marasmus akan tampak memiliki tubuh yang kurus, hingga hanya tinggal kulit dan tulang yang terlihat menonjol di beberapa bagian tubuh dan wajah, seperti halnya orang yang sudah berusia tua.

  • Beri-beri

Penyakit lainya karena kekurangan nutrisi, yaitu beri-beri. Penyakit ini muncul karena tubuh kekurangan vitamin B1 (thiamine). Penyakit ini terdiri dari beri-beri basah (mempengaruhi system kardiovaskular pada jantung dan pembuluh darah), seperti mengalami sesak nafas dan kaki menjadi bengkak. Sementara beri-beri kering (mempengaruhi system saraf) seperti sulit berjalan, kaki dan tangan mati rasa, kesulitan bicara, muntah dan lainya.

  • Anemia

Penyakit anemia dikenal sebagai penyakit yang muncul karena kekurangan zat besi pada tubuh. Zat besi seharusnya berfungsi untuk membantu cara mengobati luka lambung dengan madu menyimpan serta membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Karena kekurangan darah (anemia), maka organ dan jaringan di dalam tubuh tidak bisa mendapatkan oksigen yang cukup.

Jika tubuh kekurangan nutrisi, akibatnya tubuh akan terlihat lemah dan tidak bersemangat.Selain itu,penderitanya juga dapat mengidap penyakit lainya yang cukup berbahaya, ketika ia kekurangan darah. Sebaiknya, kita mengetahui Akibat kekurangan nutrisi sejak dini, agar kita bisa segera mengatasinya dengan mengatur pola makan yang benar, atau segera berkonsultasi dengan dokter.

Penyebab Tubuh Kekurangan Gizi

Sponsors Link

Tubuh kita bisa kekurangan gizi, disebabkan karena menjalani pola makan yang kurang sehat. Selain itu, seseorang bisa dikatakan kekurangan gizi, karena obat tradisional asam lambung naik ada penyakit lainya yang ternyata menyerap nutrisi tersebut dari makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Adapun penyebab tubuh bisa kekurangan gizi, sebagai berikut :

  • Menjalani diet yang super ketat

Program diet seperti ini biasanya dijalani oleh para wanita yang menginginkan bentuk tubuh yang lebih ideal. Diet seperti ini dilakukan dengan membatasi asupan makanan seperti gula, lemak dan garam. Mungkin hal tersebut dapat membantu diet Anda, namun bisa juga membuat tubuh kekurangan nutrisi pentingnya.

  • Konsumsi Minuman Alkohol

Orang yang sering mengkonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah yang cukup banyak, akan terganggu system pencernaanya. Tidak hanya itu, penyerapan nutrisi pada tubuhnya juga akan terhambat. Oleh sebab itu, para pecandu alcohol biasanya lupa untuk makan, sebab perutnya perbedaan wasir dan ambeien terasa kenyang dengan minuman tersebut.

  • Mengalami Anorexia Nervosa
Sponsors Link

Seseorang yang memang mengidap penyakit ini biasanya akan memuntahkan kembali makanan yang ditelanya. Oleh sebab itu, nutrisi dari makanan tertentu tidak bisa didapatkan dan diserap sempurna oleh tubuh.

  • Memiliki Kondisi Mual, kanker dan penyakit hati

Orang yang ketika makan malah sering merasa mual, atau dia memiliki penyakit kanker serta penyakit hati, tidak bisa makan dengan sempurna. Sehingga, nutrisi juga tidak terserap oleh tubuh.

  • Sakit Saat Menelan (Disfagia)

Suatu kondisi seseorang , dimana akibat kurang serat ini akan merasakan kesulitan untuk menelan makanan, sehingga sulit untuk mendapatkan nutrisi baik untuk tubuhnya.

Beberapa akibat yang didapat seseorang yang kekurangan gizi, sebagai berikut:

  • Berat badan menjadi menurun
  • Tingkat konsentrasi menurun
  • Mengalami Depresi
  • Mudah kelelahan
  • Tidak mampu mengerjakan tugas
  • Mudah terkena infeksi dan system imunya menurun
  • Mengalami proses penyembuhan luka secara lambat
  • Mudah kedinginan
  • Mudah mengalami perubahan mood atau suasana hati
  • Keadaan otot melemah, sehingga mudah jatuh
  • Kehilangan selera makanya

Kekurangan nutrisi pada tubuh, tentunya akan membuat penampilan menjadi kurang menarik. Nutrisi tersebut seharusnya terpenuhi dengan selalu mengkonsumsi makanan yang kaya gizi dan vitamin. Jika tubuh kekurangan nutrisi maka beberapa gejala akibat kekurangan nutrisi tersebut akan muncul dan membuat kondisi tubuh menjadi tidak sehat. Segera atasi dengan melakukan pencegahan atau berkonsultasi pada dokter ahlinya.

Sponsors Link
, ,
Oleh :